• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Kamis, 02 September 2010

KITA ADALAH BANGSA YANG PALING TIDAK KENAL TAKUT

Posted by mastong On 06.12 No comments

Bangsa yang paling tidak kenal takut itu bukanlah bangsa sparta yang gagah berani dalam berperang. Bukan pula bangsa roma yang perkasa menginvasi bangsa-bangsa lain. Tidak juga bangsa mongol yang terkenal buas. Bangsa yang paling tidak kenal takut itu adalah bangsa kita. Bangsa Indonesia.

Tidak ada bangsa yang mempunyai rasa tidak kenal takut seperti bangsa kita. Rasa takut tidak dikenal dalam urat nadi kita. Darah kita dialiri rasa keberanian. Nafas kita adalah perjuangan. Hati kita sangat kuat. Sudah sepantasnya bangsa-bangsa lain memandang kita. Bahkan langit bumi pasti akan menatap kita.

Tidak hanya sejarah perlawanan bangsa kita terhadap penjajah –yang konon hanya menggunakan bambu runcing- yang tidak kenal menyerah. Pada era modern pun rasa tidak kenal takut itu pun masih tetap kita pegang teguh. Sangat teguh.

Tidak ada bangsa yang begitu berani tetap gagah menghadapi hari esok dengan tanggungan beban menggunung. Tidak ada rakyat yang dengan sukacita menjalani hari dengan lapar tanpa tahu besok makan apa. Tidak ada manusia yang berani mati seperti kita.

Ya! Kita adalah bangsa berani mati. Bangsa yang tidak kenal takut. Kita tidak takut mudik naik kereta yang berjubel. Kita berani berdiri dengan gagah diatas gerbong kereta dan membentangkan sarung di leher layaknya superman yang melesat menembus udara.

Atau dengan penuh keberanian kita bawa oleh-oleh yang menggunung dengan sepeda motor kita yang pastinya tidak lebih besar dari sebuah bukit. Mana ada bangsa yang seberani kita?

Kita juga tidak kenal takut untuk mengawini anak orang dengan modal pekerjaan yang tidak pernah jelas. Kita tidak pernah takut untuk tidak mampu membiayai anak istri kita. Karena ada penjelasan masuk akal bahwa menafkahi itu tidak hanya lahir tetapi batin juga.

Kita juga bangsa yang siap hidup tanpa makan. Kita adalah orang-orang yang rajin berpuasa. Karena bagi kita puasa adalah upaya mendekatkan diri pada sang pencipta. Kita adalah bangsa yang luhur dan mulia. Kita bisa menjelaskan secara religius apa penyebab kita tidak pernah makan dan tidak pernah tahu apa yang bisa kita makan.

Jadi tidak benar bila ada anggapan bahwa kita bangsa pengecut, bangsa penakut, bangsa kecil, bangsa rendahan ataupun bangsa terbelakang. Kita adalah bangsa pemberani yang tak gentar berperang. Jangankan bangsa lain yang menerjang, bangsa sendiri tak segan kita serang. Kita adalah bangsa besar yang memang tidak perlu belajar untuk menjadi semakin pintar. Kita bangsa berkasta tertinggi yang membuat bangsa lain tak sanggup mengerti sepak terjang kita. Dan pastinya kita adalah bangsa yang paling maju karena kita selalu terlihat di mata dunia.

0 comments:

Posting Komentar